Jumat, 05 Juni 2009

Obama Mengutip Ayat Alquran

KAIRO - Pidato Presiden Amerika Barack Obama memberikan harapan bagi terbangunnya hubungan baru antara dunia Islam dan Barat. Hal itu terlihat dari komitmen yang dinyatakannya mengenai beragam isu di dunia Islam. Juga komitmen untuk hidup damai dengan masyarakat Muslim. Komitmen tersebut dipertegas Obama dengan mengutip surat Al-Hujarat ayat 13 dari Alquran.

"Alquran yang Suci mengatakan, 'Hai manusia! Kami ciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan, dan Kami ciptakan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal satu sama lain'. (O mankind! We have created you male and a female, and We have made you into nations and tribes so that you may know one another)," kata Obama melalui pidato yang disiarkan langsung di berbagai stasiun televisi seluruh dunia, Kamis (4/6/2009).

Pidato Obama itu disampaikan di hadapan ribuan orang di Cairo University, Kairo, Mesir. Obama yang mengenakan setelah jas hitam dan berdasi biru muda berbicara selama 47 menit. Setelah mengutip ayat Alquran, Obama mengutip ayat dari Bibel.

Ditegaskan Obama, masyarakat dunia dapat hidup bersama dalam damai. Hal itu adalah visi dari Tuhan, dan saat ini hal tersebut menjadi tugas manusia di Bumi untuk mewujudkannya.

Rakyat Amerika, kata Obama, siap untuk bergabung dengan warga negara, pemerintah, organisasi kemasyarakatan, pemimpin agama, dan pengusaha dari kalangan Muslim di seluruh dunia dalam mencapai kehidupan yang lebih baik.

Hal tersebut memang tidak mudah dicapai. Namun, menurut Obama, ada tanggung jawab bersama semua kalangan untuk mencapai dunia yang diinginkan.

"(Yaitu) Dunia di mana ekstrimis tidak lagi mengancam masyarakat kita, dan serdadu Amerika bisa pulang. Dunia di mana penduduk Israel dan Palestina sama-sama merasa aman di sebuah negara mereka sendiri, dan energi nuklir digunakan untuk tujuan damai; sebuah dunia di mana pemerintah melayani warga negaranya, dan hak seluruh anak-anak Tuhan dihormati. Itu semua adalah kepentingan bersama. Itu adalah dunia yang kita cari. Namun kita bisa mencapainya jika bersama," urai dia.

"Kita memiliki tenaga untuk menciptakan dunia yang kita inginkan, namun hanya jika kita berani menciptakan sebuah permulaan, menjaga dalam ingatan apa yang sudah tertulis."


Dikutip dari http://international.okezone.com/read/2009/06/04/18/226236/obama-mengutip-ayat-alquran

1 komentar: